Indonesia bisa sejahtera tanpa membuat rakyat sengsara

Indonesia bisa sejahtera tanpa membuat rakyat sengsara !
“Gemah ripah loh  jinawi” itulah Indonesia. Indonesia merupakan negeri yang kaya akan Sumber Daya Alam. “ Tanam tongkat tumbuh singkong”  inilah beberapa ungkapan untuk negeri tercinta Indonesia. SDA yang terkandung di perut bumi Indonesia melimpah ruah dari Sabang sampai dengan Merauke, salah satunya adalah kekayaan akan pertambangan seperti Minyak bumi, Batu bara, Emas, Bauksit, Besi, Nikel, Timah, Tembaga, Marmer dan masih banyak lagi SDA yang Allah anugerahkan di Bumi Indonesia ini.

Dengan fakta kondisi alam Indonesia di atas maka sangat tidak masuk akal jika negeri ini mengalami kenaikan BBM atau bahkan kelangkaan BBM.  Malah seharusnya seluruh rakyat Indonesia dapat menikmati dengan mudah dan gratis hasil daripada SDA tersebut, bukan malah diberikan kepada Asing. Contohnya saja Freeport yang merupakan tambang emas terbesar di Indonesia kini telah dicaplok oleh asing, belum lagi tambang batu bara yang ada di Kalimantan yang kini juga dicaplok oleh asing dan masih banyak lagi fakta yang serupa. Sementara itu, kondisi rakyat Indonesia terbalik 180 derajat dari kekayaan negerinya. Di tengah limpahan batu bara di kalimantan , rakyatnya tidak dapat menikmati penerangan secara merata, di kilauan emas freeport papua, rakyatnya banyak menderita kelaparan. Sungguh miris.


Hal ini terjadi karena saat ini indonesia telah berjalan dalam sistem yang kapitalis-liberalis. Maka tak aneh jika didapati fakta demikian. Kekayaan alam Indonesia membuat mata penjuru dunia melirik akan kepotensialannya. Begitu juga mata-mata para kolonialisme-imperialisme. Jika dahulu dijajah secara fisik , sekarang Indonesia dijajah secara mental dan pemikiran. Jika dahulu dijajah oleh Asing, saat ini dijajah oleh Asing dan Bangsa sendiri. 


SDA Indonesia yang melimpah pada dasarnya sangat mendukung kelangsungan pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan di Indonesia. Indonesia dapat sejahtera secara nyata apabila meninggalkan sistem kapitalis yang saat ini sedang digandrungi oleh sebagian besar negeri-negeri di dunia. Pemerintah dapat memanfaatkan SDA yang telah ada untuk dikelola oleh negara dan hasilnya diberikan sebesar-besarnya kepada rakyat dan meminimalisasi adanya barang-barang impor. 

Namun, hal ini hanya akan menjadi teori beku  jika tidak direalisasikan dalam kehidupan. Pemerintah harus mulai membenahi kebobrokan sistem yang saat ini ada dan membangun generasi-generasi muda yang berkompeten , cerdas, dan sebagai ujung tombak perubahan. Tentu hal ini harus didukung dari tataran pendidikan yang berkualitas. Dilihat dari mutu pendidikan Indonesia saat ini yang masih dibawah standar, sangatlah besar kemungkinan melahirkan generasi-generasi yang kurang berkompeten. Maka pemerintah harus mulai meimikirkan nasib pemuda di masa yang akan datang dengan memberikan kelayakan pendidikan secara merata karena masih banyak didapati jutaan rakyat Indonesia yang belum dapat mengenyam pendidikan yang seharusnya menjadi haknya. Karena pada dasarnya  pemanfaatan SDA tentu harus didukung pula dengan kualitas SDM yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Ads 200x200

Ads 200x200
Medika Herbal - Lampung
Diberdayakan oleh Blogger.